Rabu, 16 November 2011

Contoh Skenario Berita

SKENARIO
PEMBACA BERITA
TUGAS MEMBACA BERITA
Mata Kuliah: Hubungan Masyarakat
Dibina Oleh: Ibu Durinta Puspasari

Oleh :
TITIN HIDAYATI M
(098554327)
Adper 09 B

PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2011



“ Liputan Berita Aktual “

  • Opening
            Selamat siang Saudara kami kembali hadir dalam acara Liputan Berita Aktual siang , selama 30 menit ke depan kami hadir dengan rangkaian informasi tajam dan terpercaya. Bersama saya, Titin Hidayati. Baiklah Saudara Berikut liputan berita hari ini :

1.      Sejumlah Menteri Serahkan Nasib pada Presiden 
Seluruh anggota Kabinet Indonesia Bersatu jilid dua belakangan ini terkesan hemat berbicara. Apalagi mereka juga diinstruksikan untuk tidak mengambil kebijakan strategis. Ini tentu bukan tanpa alasan, sebab Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat ini tengah memainkan hak prerogatifnya untuk merombak kabinet dengan tujuan memaksimalkan dan menghasilkan yang terbaik untuk rakyat disisa tiga tahun masa baktinya.Ditemui usai menyambut kunjungan tamu negara di Istana Negara, Minggu (16/10), sejumlah menteri enggan berkomentar terkait reshuffle kabinet. Mereka lebih memilih menyerahkan nasibnya dikabinet pada Presiden. 
Dalam sepekan terakhir, Presiden telah memanggil sejumlah orang baik dari kalangan akademisi maupun birokrat. Ada 10 orang yang dicalonkan sebagai wakil menteri. Terakhir Presiden kembali memanggil tiga orang yang juga dicalonkan menduduki pos sebagai orang nomor dua di kementerian. Secara keseluruhan sudah 13 orang yang kelak akan menduduki pos wakil menteri hasil perombakan kabinet. 

  • Berita Selanjtnya :
            2.      Gempa 6,8 SR Guncang daerah Nusa Dua, Bali   
Gempa berkekuatan 6,8 skala Richter, Kamis (13/10) siang pada pukul 10.16 WIB, mengguncang kawasan Nusa Dua, Bali. Selain membuat panik warga, gempa yang berlangsung cukup lama itu, mengakibatkan beberapa bangunan rusak meski tidak parah.
Bahkan, seorang warga yang tengah melintas di Simpang, Siur, melihat sebuah mobil rusak tertimpa reruntuhan bangunan. Saat gempa, warga di kawasan ini terlihat begitu panik. Mereka langsung berlarian ke luar rumah atau gedung-gedung perkantoran. Mereka takut tertimpa reruntuhan bangunan. Dikabarkan pula sejumlah wisatawan yang tengah menginap di hotel sempat panik dan berlarian ke luar gedung.
Hingga kini belum diperoleh informasi adanya korban jiwa. Hanya saja beberapa bangunan peribadatan di kawasan Nusa Dua memang mengalami kerusakan.
Di Denpasar, warga hingga siang masih berada di luar rumah. Mereka takut terjadi gempa susulan. Sementara itu, sebagian orangtua langsung menjemput anak-anaknya yang masih berada di sekolah.
Seperti telah diberitakan, gempa di Nusa Dua, Bali, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), berada di jarak 143 km barat daya Nusa Dua, pada kedalaman 10 kilometer. Namun, BMKG tidak mengeluarkan peringatan bahaya tsunami akibat gempa yang terjadi pada kedalaman 10 km tersebut.

3.      Keraton Yogyakarta Akan Gelar Pernikahan Putri Sultan
Keraton Yogyakarta akan menggelar pernikahan putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X, yakni Gusti Kanjeng Ratu Bendoro. Pernikahan Gusti Kanjeng Ratu Bendoro dengan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara akan berlangsung mulai 16 sampai 19 Oktober mendatang.
Seperti putri-putri Sultan sebelumnya, acara pernikahan ini akan digelar di lingkungan Keraton Yogyakarta. Pernikahan dengan upacara tradisional adat Jawa, seperti tantingan, midodareni, panggih, tanpa koyo, dahar klimah, dan lain lain.
Hampir seluruh persiapan sudah selesai dilakukan. Kedua calon mempelai juga mengaku sudah menyiapkan diri, baik secara lahir maupun batin untuk menghadapi acara pernikahan agung ini.
Puncak acara pernikahan berlangsung pada 18 Oktober, yaitu ijab kabul dan diteruskan dengan resepsi. Acara resepsi yang akan digelar di Pendopo Kepatihan Yogyakarta diawali kirap tematen dengan menggunakan kereta kencana dari keraton melintasi Jalan Malioboro.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono akan menghadiri resepsi pernikahan agung putri bungsu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Bendara dengan KPH Yudanegara.
  •  " Baiklah Saudara untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai pernikahan Agung Putri Kraton, kami akan menghubungi rekan kami yang saat ini berada di kawasan Jogjakarta. "
  • Kemudian percakapan melalui telepon antara pembaca berita dan rekannya, yang berisi tentang beberapa pertanyaan mengenai Pernikahan Agung Putri Kraton.
  •  Closing :
     “ Baiklah Saudara interaksi kami tadi sekaligus manutup perjumpaan kami pada siang hari ini. Untuk berita lebih jelasnya silakan anda kunjungi www.liputanaktual.com. Semoga tayangan informasi yang telah kami hadirkan bermanfaat bagi Anda. Saksikan berita aktual lainnya satu jam mendatang. Saya Titin Hidayati beserta kruw undur diri, selamat siang dan sampai jumpa. Salam SCTV. ”
      
    • Sumber berita : http://www.liputan6.com/
    • Skenario ditulis oleh : http://ti24n-kesekretarisan.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar